Vertigo Tak Sembuh-sembuh? Jangan Anggap Sepele
Sumber: Hubpages.com

Info Sehat / 19 January 2015

Kalangan Sendiri

Vertigo Tak Sembuh-sembuh? Jangan Anggap Sepele

Lori Official Writer
14799
Vertigo merupakan sakit kepala dimana penderita merasa dirinya dan sekitar seolah berputar-putar. Penderita akan mengalami kesulitan berdiri dan bergerak karena sakit kepala yang luar biasa disertai dengan rasa mual, muntah dan keringat dingin.

Bagi sebagian orang gejala vertigo bisa terjadi berulang-ulang. Dan saat sedang kambuh rasa sakit memang bisa dihilang sesaat saja dengan mengkonsumsi obat dan beristirahat saja. Dan ada pula yang mengalami vertigo selama berjam-jam hingga berhari-hari lamanya. Bila dibiarkan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan.

Pasalnya pakar medis menyebutkan bahwa bisa saja vertigo yang kerap kambuh mengindikasikan penyakit lain yang sedang menyerang bagian otak, seperti penyempitan atau penyumbatan di otak.

Sehingga mencari tahu penyebabnya akan membantu penderita untuk mendeteksi kemungkinan penyakit lain. Ada dua jenis penyebab vertigo, yaitu sentral dan periferi. Vertigo sentral mengacu pada otak, sedang periferi terjadi di luar otak seperti telinga dan mata. Untuk memastikan penyakit ini diperlukan penanganan khusus dari dokter spesialis neurologi, dimana penderita akan diperiksa dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk memeriksa kondisi pembuluh darah.

Dalam hal ini, vertigo bisa saja disebabkan karena luka di bagian batang otak, tumor otak atau penyumbatan pembuluh darah otak yang menganggu fungsi otak sebagai pengatur keseimbangan tubuh.

Bila ternyata pembuluh darah dalam kondisi baik, penyebab lainnya bisa saja timbul dari telinga yang berdegung atau dipenuhi cairan. Selain itu juga bisa timbul karena kondisi mata lelah yang dipaksa bekerja, kurang tidur dan terlalu lama menatap layar komputer. Kondisi demikian dikategorikan sebagai vertigo ringan dan akan sembuh dalam waktu tertentu.

Namun di sisi lain, sangat penting untuk mewaspadai bila sakit kepala berputar ini terjadi secara berulang. Segera temui dokter dan jelaskan secara rinci riwayat pusing yang Anda alami. Dengan begitu dokter bisa menggolongkan apakah jenis vertigo Anda ringan atau berat. Atau akibat dari cedera atau memar pada kepala belakang sehingga suplai darah ke otak berkurang dan tidak lancar. Bila aliran darah ke otak hanya 50 ml/detik saja, maka besar kemungkinan muncul serangan vertigo. Apabila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan stroke.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami